Dinas Pertanian Kota Palu

PANEN ANGGUR dalam rangka “ Gerakan Nasional Sinergi Reforma Agraria “

Dalam rangka pencanangan secara nasional “Gerakan Sinergi Reforma Agraria” telah dilaksanakan kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti, S.Sos., M.Si. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kantor Pertanahan Kota Palu dan Kantor Wilayah BPN Sulawesi Tengah.

Kegiatan Sinergi Reforma Agraria dilaksanakan di Kampung Reforma Agraria Kelurahan Duyu di Kelompok Tani Anggur Duyu Bangkit, dengan agenda acara secara nasional yang dipandu secara langsung dari Sukabumi-Cianjur meliputi : Pembacaan Deklarasi dan penggabungan Puzzle Sinergi Reforma Agraria.

Pembacaan Deklarasi dan Penggabungan Puzzle dilakukan oleh : Sekretaris Daerah Kota Palu, Kepala Kantor Wilayah BPN Sulawesi Tengah, Kepala Kantor Pertanahan Kota Palu dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu. Kegiatan simbolis ini menggambarkan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Badan Pertanahan Nasional dalam penanganan dilapangan terhadap akses Reforma Agraria. Wujud dari sinergitas ini di kota Palu adalah dengan adanya Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang selalu aktif dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan akses reforma, sehingga puncaknya pada tahun 2021 Kampung Anggur Duyu dtetapkan sebagai Kampung Reforma Agraria terbaik tingkat nasional.

Setelah pembacaan deklarasi dan penggabungan puzzle juga dilaksanakan panen anggur di lahan kelompok tani duyu bangkit, yang saat ini sudah menjadi primadona agrowisata pertanian di Kota Palu. Dalam waktu yang akan datang sekitar bulan Agustus 2024 akan dilaksanakan Festival Anggur yang disponsori oleh Dinas Pariwisata Kota Palu dalam Upaya semakin meningkatkan nilai tawar agrowisata di Kota Palu. By-sta.